0

Berikut Ini Berdiet Garam Picu Gangguan Tiroid

Berikut ini berdiet garam picu gangguan tiroid,- Memang, bila garam dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan hipertensi. Namun di sisi lain, garam merupakan sumber pemberi yodium terbesar yang berfungsi menjaga kinerja kelenjar tiroid dalam tubuh. Padahal kelenjar tiroid ini berfungsi sebagai pengendali sistem metabolisme tubuh.

Baru baru ini kita mendengar berita tentang penyakit kanker tiroid yang diderita Presiden Argentina Cristina Fernandez (58 tahun). Pada 4 Januari lalu, presiden wanita yang dikenal energik ini pun menjalani operasi pengangkatan kanker tiroid. Kalau begitu, apa sih sebenarnya kelenjar tiroid ini?

Berbentuk mirip kupu-kupu

Tiroid dikenal masyarakat Indonesia sebagai kelenjar gondok. Tiroid merupakan kelenjar kecil yang terletak di leher, tepat di bawah jakun. Bentuknya seperti huruf H atau mirip dengan kupu-kupu, jika dalam keadaan normal tidak terlihat dan tidak dapat diraba, namun jika membesar jadi mudah diraba dan tampak benjolan pada bagian bawah atau samping jakun atau biasa disebut gondokan.

Fungsi dari kelenjar tiroid merupakan pengendali utama metabolisme sebagai penghasil, penyimpan dan melepaskan hormon ke peredaran darah untuk mengatur suhu tubuh, membantu pergerakan usus dan denyut jantung. Bahkan pada usia dini hormon tiroid dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan. Kekurangan hormon tiroid pada usia dini akan menyebabkan kecerdasan si anak kurang berkembang dan tubuhnya juga tidak bertumbuh dengan optimal sehingga kelak jadi pendek.

Uniknya selain risiko kanker tiroid, gangguan kelenjar tiroid yang harus diwaspadai dan banyak diderita oleh masyarakat yaitu timbulnya gejala kekurangan dan kelebihan fungsi kerjanya. “Kelainan endokrin pada kelenjar tiroid merupakan kasus terbanyak kedua setelah diabetes melitus. Kelainan ini bisa karena kekurangan (hipotiroid) dan kelebihan (hipertiroid), dengan prevalensi penyakit ini lebih banyak diderita oleh kaum wanita, yakni 5-7 kali lebih besar dibandingkan pria,” ujar Pro. DR. Dr. Sri Hartini, SpPD-KEMD pada seminar kesehatan tentang Dampak Hipotiroid dan Hipertiroid di jakarta.

Posted by : Obat Syaraf Kejepit >> Obat Syaraf Kejepit Tradisional

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *